Minggu, Desember 20, 2009

MASALAH GAME PADA PSP

POSTING TUTORIAL ini dibuat oleh : rudie777 dan yuanita budiman.
MERPATI - PLAYSTATION
JL.Merpati 36. Monang - Maning Denpasar - Bali (0361) 2735745 - 081558001488



THE GAME  COULD NOT BE STARTED/ Permainan tidak dapat dimulai. (80020321).

Tampilan kesalahan seperti ini, Akan muncul ketika anda tidak memasukan UMD game atau pada memory card MCpro duonya tidak terinstall adanya file ISO/CSO game psp,  Psp anda akan mendeteksinnya bahwa pada port drive tidak terdapat UMD game atau file ISO/CSO, hingga dia menampilkan pesan error seperti ini, Tapi bisa juga terdapatnya kesalahan pada port drive anda hingga system psp tidak mengetahui dan tidak dapat membacanya.baik UMD game maupun file ISO/CSO.




Secara software anda bisa mericek system pspnya, apakah sudah benar settingannya, atau belum. Perhatikan apa yang perlu anda lakukan :

1. Masuklah ke menu recovery, Caranya : Matikan (Shutdown bukan sleep mode) PSP anda, dan kemudian hidupkan lagi, psp anda, dengan menekan tanpa dilepas tombol "R trigger", setelah muncul menu recovery anda baru lepaskan tombol "R trigger".
2. Masuklah ke menu "Configuration" pilih "Yes" dengan menekan "X".
3. Pilih menu "UMD Mode (currently : sony NP9660 -NO UMD-) atau (currently : M33 driver -NO UMD-) ingat : hanya 2(dua) pilihan ini yang bisa membaca file ISO/CSO dan UMD diluar setingan dipastikan hanya mampu baca UMD saja.
4. Cara singkat masuk "Menu Recovery" Anda hanya tinggal tekan tombol "select" dan pilih UMD ISO MODE : M33 driver atau UMD ISO MODE : sony NP9660.
5. Selanjutnya tinggal "restart" psp anda dan mainkan.


THE GAME COULD NOT BE STARTED/Permainan tidak dapat dimulai. (80020130).



Arti dari tampilan error disini, Karena file ISO/CSO yang anda masukin Corrupt, atau terdapatnya bad sector, jadi pada system psp mendapati  kesalahan dalam membaca file, Jika terjadi hal seperti ini anda hanya tinggal mem-format memory stick pspnya, dan mengcopy ulang gamenya, catatan : biasa terjadi pada MC pro duo yang palsu, sering banget, merk sony dan type mark2 sekarang banyak banget yang dipalsukan, sebaiknya anda bisa mengeceknya atau pilih merk lain yang jarang atau belum saya lihat dipalsukan seperti scandisk atau merk lainnya.


Dan jika anda mainkan UMD game ternyata tampilan error semacam ini muncul,  ini sudah bisa dipastikan ada dua hal utama penyebabnya, UMD disck-nya yang kotor ataupun telah cacat, atau pada bagian optiknya, ada yang rusak atau kotor, benahi saja dulu artinya, anda coba bersihkan saja dulu, dan jika sudah merasa yakin bisa bersih dan normal, baru jalankan lagi permainannya.kalau bener gatot( gagal total) ya disinilah anda harus menyadari rejekinya montir ps seperti saya.... he..he.



Dan jika hal ini sering terjadi pada file ISO/CSO pada memory card anda, jangan ragu untuk nge-formatnya, karena pilihan ini yang terbaik untuk membuat partisi yang rusak pada sector memory bisa dibuat baru kembali, bukan hanya diperbaiki, atau dilakukan kerjaan tambal sulam seperti halnya menggunakan scanning dan utilities programing memory.



MERPATI - PLAYSTATION
Jl.Merpati 36 Monang - Maning Denpasar - Bali.
(0361) 2735745 - 081558001488
Email : rudie777@ymail.com


Tidak ada komentar: