Jumat, April 09, 2010

PS3 HDMI ERROR

POSTING TUTORIAL ini dibuat oleh : rudie777 dan yuanita budiman.

MERPATI - PLAYSTATION
JL.Merpati 36. Monang - Maning Denpasar - Bali (0361) 2735745 - 081558001488  

PERHATIAN : Jika ada pertanyaan saya harapkan anda lakukan melalui email, jangan melalui SMS, Apalagi cuman nanya doang, Email mungkin tidak akan bisa selalu terjawab dengan segera, karena bisa saja email anda dianggap oleh system komputer adalah spammer, maka akan langsung dihapus. dan saya tidak mengetahuinya. apalagi jika diharap akan membalasnya. gunakan via telphone atau ulangi sekali lagi anda kirimkan email,bila perlu main aja langsung ke toko saya, thanks U.

Image and video hosting by TinyPic



Pernahkah anda mengalami? Menggunakan system HDMI pada PS3, Gambarnya tidak keluar? Cenderung BLANK atau CRASH gambarnya? Persis seperti kita gunakan software CHICKHEN pada psp, Pada saat kita awal-awal menginstalkannya. Gambar pecah tak karuan, Sementara kalau anda gunakan pada jalur AV gambar normal tampil, Terlihat normal...... dan biasa saja?

Mengapa hal ini bisa Terjadi ?.....

Simpel solusi yang anda bisa lakukan adalah 2 hal :

1. Jika disebabkan settingan ataupun crashnya sebuah flashing pada saat kita memakainya, atau, lebih sederhanannya jika kerusakan diasumsikan karena settingan  atau software crash dalam system setting anda hanya tinggal merestorenya dalam keadaan default standart sony.

2. Mengganti modul komponent HDMI 1 blok di mainboard PS3nya. Cara menggantinya tidaklah mudah, tidak disarankan, jika anda benar benar pemula, atau baru mulai ingin tahu dan membukannya, Karena, Membuka PS3, bukan hanya membuka cassing dan melihat mainboardnya dan nanti menutupnya kembali seperti anda membuka dan menutup PS2/PSP. Enggine prosessor yang ada harus anda bersihkan termal pastenya, kemudian anda ganti atau pasang yang baru. kalo langkah ini anda tidak lakukan, mainboard anda akan overheatting, panas berlebih, yang menyebabkan YLOD. (Yellow Light Over Death).

Cara melakukan "Restore default system setting" PS3nya adalah :

1. Pada saat keadaan mati atau OFF PS3nya, anda hubungkan langsung jalur AV dan HDMInya ke port masing masing konektor, Setelahnya anda persiapkan hidupkan TV dengan jalur AV, dan hidupkan pula jalur tv berformat HDMInya.

2.  Hidupkan Power PS3nya, dari belakang ketika lampu standby menyala merah, Anda tekan dan tahan terus sampai lampu berubah warnanya menjadi Hijau, Tahan terus, sampai PS3nya mati, Dengan hidupnya lampu merah menyala kembali,Itu pertanda PS3nya telah OFF, Angkat jari anda,  Dan tekan, Serta tahan terus, Jangan anda lepaskan jemari anda sampai bunyi "BIP-BIP 2X" muncul berbarengan.

3. Perhatikan TV dengan jalur AV,  Akan muncul menu recovery kalau di psp. Dan di ps3pun prinsip ini sama. lakukan sesuai petunjuk yang ada, Anda me-restore semua komponent yang ada, Harus diingat, Nanti akan ada permintaan menghapus atau ngeformat HDD PS3nya, Saran saya "formatlah", jangan ragu, karena setelah ps3 ngeformat hdd anda secara otomatis ps3 nya membuat partisi. (Maafkan saya cara berbicara dengan berbahasa yang kurang baik).

4. Jika masalahnya hanya, Dan hanya jika, Settingan systemnya saja yang rusak, Atau file system flashing Hdmi saja yang rusak, Berbahagialah anda, Karena dengan cara seperti ini, PS3nya, Akan normal berjalan kembali, Seperti semula, Tapi kalau dengan cara seperti ini belum berhasil, Saya pastikan cara hardwarelah yang terpaksa anda harus tempuh......  untuk memperbaikinya, terpaksa mengganti 1 modul system hdmi pada mainboardnya. jadi dipastikan bongkar mesin. (Dijamin mahal bro... kanibalisme akan terjadi, mana ada partnya dijual dipasaran?)

Pada session berikutnya akan saya bahas, mengambil 1 modul hdmi ps3. (Tapi jujur bentrok juga nih keinginan buka bukaan dengan rahasia dapur, di blog ini saya akan  utarakan, Tapi jangan jangan dapur ngga ngebul ntar.ya...Duh).





















MERPATI - PLAYSTATION
JL MERPATI 36 MONANG - MANING DENPASAR - BALI
EMAIL : rudie777@ymail.com

(0361) 2735745 - 081558001488


Tidak ada komentar: